Selasa, 04 Januari 2011

Pemuda dan Sosialisasi

SOSIALISASI
Adalah proses yang membantu individu melalui belajar dan penyesuain diri , bagaimana bertindak dan berpikir agar dia dapat berperan dan berfungsi , baik sebagai individu maupun sebagai anggota masyarakat , terutam a dalam keluarga. Sosialisasi sangat berperan pentig bagi kehidupan bermasyarakat.


Sosialisasi dapat terjadi melalui interaksi sosial secara langsung ataupun tidak langsung. Proses sosialisasi dapat berlangsung melalui kelompok social, seperti keluarga, teman sepermainan dan sekolah, lingkungan kerja, maupun media massa. Adapun media yang dapat menjadi ajang sosialisasi adalah keluarga, sekolah, teman bermain media massa dan lingkungan kerja

Proses kehidupan yang dialami oleh para pemuda Indonesia tiap hari baik di lingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat membawa pengauh yang besar pula dalam membina sikap untuk dapat hidup di masyarakat. Proses demikian itu bisa disebut dengan istilah sosialisasi, proses sosialisasi.

Dalam masa remaja, bersosialisasi sangat lah penting karna dari kecilpun kita sudah harus belajar bersosialisasi dengan lingkungan sekitar kita. Bagi remaja sosialisasi ini memungkin kan mereka berada salam masa anomi. Apaan tuh anomi? Anomi adalah keadaan tanpa hukum.
Dalam keadaan seperti ini niiih, banyak banget perilaku yang menyimpang atau berarah negatif. Dan sebagian besar pengaruhnya adalah LINGKUNGAN DAN MEDIA. Media apa saja siih? Media massa dan elektronik, karea tidak semua informasi yang diterbitkan oleh media itu positif.

POTENSI-POTENSI PEMUDA
a. Idealis dan daya kritis
b. dinamika dan kreatifitas.
c keberanian mengambil resiko
d. optimis dan kegairahan semangat
e. sikap kemandirian dan disiplin murni
f. terdidik
g. keanekaragaman dalam persatuan dan kesatuan.
h. patriotisme dan nasionalisme
i. sikap kesatria
j. kemampuan kekuasaan ilmu dan teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar