Bila simulasi ini digambarkan dalam suatu kurva hasilnya adalah sebagai berikut :
Dari perhitungan diatas maka dapat diketahui secara teoritis bahwa tidak selamanya kenaikan harga akan menaikan penerimaan. Dengan demikian perusahaan haruslah dengan cermat mempertimbangkan beberapa hal bila berusaha untuk meningkatkan penerimaannya, yaitu :
1. Perhatikan tingkat elastisitas permintaan atas produk yang dijual (dalam jangka pendek lebih baik)
2. Perhatikan tingkat ketertarikan konsumen pada saat produk tersebut sedang sedang dipromosikan (nilai konstanta permintaan). Makin banyak permintaannya maka makin besar harapan untuk memperoleh penerimaan yang lebih besar melalui kenaikan harga jual produknya.
3. Perhatikan margin harga jual terhadap penerimaan (), bila () relatif besar (diatas 1, maka kenaikan harga jual relatif baik untuk meningkatkan penerimaan. (akan tetapi tetap harus mempertimbangkan daya tarik permintaan barang).
sumber : putong, iskandar 2010. Ekonomi Pwngantar Mikro dan Makro edisi : 4 jakarta : mitra wacana media
Tidak ada komentar:
Posting Komentar